Wow! Inilah 9 Jenis Ikan Hias Air Tawar Aquarium yang Mudah di Pelihara

Jenis Ikan Hias Air Tawar Aquarium yang Mudah di Pelihara - Ngomong-ngomong soal Ikan nih, sebelum-sebelumnya telah di bahas berbagai hewan berinsang ini. Namun, kali ini kita mengulas Ikan yamg biasa di sebut-sebut Ikan Hiasan yang banyak di gemari oleh masyarakat. Well, sama seperti manusia yang populer, Ikan hias juga Populer loh di kalangan masyarakat. Terlebih, mudah di pelihara. Yup! Percaya atau tidak, hampir 75% pasokan Ikan Hias air tawar di dunia berasal dari tanah air kita, loh? Tentu saja, kita harus bangga, Indonesia demikian. Dan, sekitar 363 jenis Ikan Hias air tawar dari negara kita telah di ekspor ke berbagai negara. Ikan ini juga adalah jenis Ikan Hias yang habitatnya berada di air tawar.

So, siapa yang tidak kenal dengan Ikan-Ikan primadona ini, yang selalu menyimpan ke indahan dalam aquarium dan kolam. Benar! Spesies ini memang di jadikan hiasan le indahan di rumah dalam aquarium si pemiliknya atau kolam di sekitar rumah. Dan, akan kita ulas dan bahas di sini. Di simak, yaa, Reader's.

Berikut 10 jenis Ikan Hias populer dan mudah di pelihara yang telah di lansir dan di rangkum berbagai sumber:

1. Cupang

 


Nah, yang akan kita bahas kali ini, adalah hewan cantik yang satu ini. Mendengar namanya, tentu sudah mengenalnya, dong? Anak-anak kecil saja senang memelihara dan kenal ikan ini, apalagi reader's, bukan? Memang, Ikan kecil-imut-imut ini sudah tidak asing lagi di kalangan masyarakat Indonesia, bahkan negara tetangga kita. Selain imut-imut-kecil, juga cantik-cantik. Biasanya, ikan ini di pelihara dalam aquarium atau bisa juga di dalam toples. Ciri khasnya yang bersifat "beradu" ini, semakin banyak di gemari yang bukan hanya di pelihara untuk di jadikan hiasan di rumah dalam aquarium, tapi juga di ajak bermain yang di adu dengan ikan cupang lainnya. Biasanya sih, anank kecil yang senang memeliharanya, sangat menyukai ikan ini meng-adukan dengan ikan jenis lain.
Berbagai variasi warna kuning, cokelat, merah, hijau, biru, cokelat, kelabu dan putih yang tentu saja, memiliki bentuk tubuh yamg kecil. Sirip yang panjang dan menjuntai sampai terlihat seluruh tubuhnya di tutupi oleh sirip cantik berwarna-warni tersebut. Dan, bila ingin membedakan antara jantan dan betina, bisa di lihat pada bagian tubuh ikan betina yang rata-rata lebih kecil ikan dari pada ikan cupang jantan.

2. Fantail Guppy


Picture by: http://aquaticmag.com/freshwater/fancy-guppy-information

Pernah lihat ikan duyung? Yup, menurut penulis, sih, mirip duyung, hehehe. Ikan hias yang di sebut-sebut mirip seorang wanita yang tengah memakai rok ini, berasal dari daerah Amerika Selatan, kerana ke unikan yang di milikinya mulai dari kepala hingga ekornya. Fantail Guppy memang terlihat sangat menarik dengan ukuran tubuh mulai dari kepala hingga ekor yang kurang lebih 2,5 cm. Hingga, ikan yang sama ukuran mungilnya dengan Cupang ini juga cocok di jadikan peliharaan bagi anak-anak kecil dan juga mempunyai jenis uang sama dengan ikan Molly.

Ikan hias ini sangat mudah beradaptasi dengan lingkungannya, makanya sangat cepat peredarannya di dunia. Di Indonesia sendiri yag merupakan tanah air tercinta kita, spesies ikan ini masuk di era 1920-an sebagai ikan hias aquarium. Dan tentu saja, menjadi daya tarik dan paling banyak si hemaru sebagai ikan hias di semua kalangan, kerana ke indahan warna dan bentuk siripnya. Terlebih, jika ikannya jantan, kerana hanya jantan-lah yang bersirip indah. Sedangkan betina, warnanya cenderung kusam, banyak yang mengatakan mirip ikan cupang.

3. Arwana


Picture by: http://aquaticaa.weebly.com

Pernah menjumpai atau memelihara ikan ini di rumah? Ikan yang mempunyai sisik unik hingga akan memikat siapa saja yang melihat dan paling populer di dunia sampai saat ini. Bahkan, sampai di sebut-sebut ada ikan Arwana yamg memiliki jenis sendiri, loh, yaitu super red. Benarkah? Entahlah, namun memang menurut kabar yang beredar, banyak yang mengatakan, akan tidak pernah menurun para peminatnya, loh. Segitu fanatiknya. Hehehe.

Selain itu, juga ada mitos yang lagi-lagi beredar di masyarakat sampai saat ini bahwa bila memelihara ikan Arwana, sang pemilik akan di berikan ke lancaran rezeki.
Baca juga Kata Kata Bijak
Ikan dengan nama latin Scleropages sp ini, memiliki banyak sebutan unik yang di antaranya,  superred, ikan payang, raga, khayangan, silok, kalasa, siluk dan kalasa. Dan,termasuk golongan ikan purba. Loh, kenapa? Kerana, telurnya itu, hampir mirip dan ikuran besarnya seukuran dengan telur puyuh. Bahkan, termasuk ikan yang mempunyai ukuran tubuh besar yang bisa mencapai kurang dari satu meter. Wow!

Ikan ini banyak di jumpai di perairan air tawar tanah air kita, loh! Yup! Papua dan Kalimantan! Meski saat ini sudah sangat banyak yang membudidayakan ikan hias tawar knj, kerana sangat banyak peminatnya. Terlebih, memiliki harga yang lumayan tinggi.

4. Louhan



Ngomong-ngomong soal ikan hias yang populer nih, coba tebak ikan yang memiliki benjolan di kepala, Ikan apa, hayoo? Benar, Louhan! Ikan yang sempat populer di Indonesia saat dulu ini memang termasuk ikan hias. Bahkan, ini sempat mem-booming di antara paea pecinta dan pemelihara ikan kerana sangat terkenalnya dengan warna yang begitu cantik. Selain itu, juga terkadang kombinasi warna sisik ikan ini bisa membentuk seperti sebuah tulisan. Yup! Seperti di tulisan saya tadi mengatakan bahwa ikan ini memiliki benjolan di kepala, rupanya menjadi daya tarik tersendiri. Semakin besar benjolan, maka semakin mahal harganya! Menarik, bukan?
Jenis Ikan Louhan seperti oenguasa lautan dan cukup agresif serta termasuk dalam hewan berinsang karnivora.

5. Mas Koki



Mas Koki! Eh, jangan di kira mas-mas yang berprofesi koki, yaa. Tidak, tidak! Ini masih hewan kok! Real, hewan bersirip dan berinsang yang berspesies ikan hias, kok. Ikan ini memang termasuk dalam keluarga ikan mas*taukk dehh kalau ikannya jawa apa bukan #eh plakk! Hehe maaf khilaf, jadi bercanda! Well, ikan ini pertama kali di kenal di negara bakpao, yaa alias China. Ingat, loh, China, bukan jawa! #eh yaa ampun.

Jadi, meski Mas Koki ini di kenal di negara China sebagai ikan hias masyarakat, tapi di populerkan oleh masyarakat Jepang dan mengembangkan menjadi banyak variasi warba dan bentuk yang jauh lebih cantik dari sebelumnya. Gerakan ikan Mas Koki yang lucu ini akibat bentuk badannya yang penuh, namum tetap seimbang. Hal ini bahkan membuat spesies ini menjadi buruan yang paling banyak di gemari oleh pecinta ikan hias.

6. Discuss



Discus ini sangat cantik dengan bentuk tubuh yang menyerupai pipi manusia. Ciri khaa yang menjadi aksen ini justru membuat ikan ini menjadi high class, kerana termasuk dalam jenis ikan hias yang tergolong mahal di sesuaikan dengan warna serta ukuran hidup di perairan sungai amazon.

7. Koi



Ikan hias yang satu ini sebelumnya telah di bahas dan di garap secara habis-habisan. Yup! Ikan koi dari negeri sakura ini memang cukup banyak peminatnya, bahkan dari kalangan elite yang tentu saja, salah satu dari jenis ikan hias yang paling populer dari masa ke masa. Ikan hias air tawar ini pertama kali di perkenalkan pada tahun 1820-an di Jepang dan merupakan hasil dari persilangan beberapa strain Ikan mas dengan warna merah dan putih.
Simak juga ulasan: Pertamina Solusi Bahan Bakar Berkualitas dan Ramah Lingkungan
Ikan hasil persilangan tersebut di kenal dengan nama ikan Koi. Bahkan, persilangan terus di lakukan dan saat ini sering kita jumpak ikan Koi dengan berbagai variasi warna yang sangat menarik. Pada saat muda, ekornya tidak terlalu lebar dan pas, namun setelah dewasa, ekornya akan semakin melebar. Ini sangat cocok di pelihara di kolam yang cukup luas. Kerana, daya tarik ikan ini terdapat pada warna-warni yang sangat cantik dan indah bila di lihat dari atas kolam. Terlebih, juga membutuhkan banyak ruang untuk bergerak.
 

8. Oscar



Ini bukan yang di maksud ajang nominasi oscar loh, yaa. Hehehe. Yup! yang akan di bahas kali ini adalah, ikan hias Oscar! Ikan hias yang banyak di sukai lara pecinta ikan seluruh mancanegara, adalah ikan jenis ini. Jika di perhatikan, memang sangat mirip dengan ikan yang biasa kita konsumsi, Gurame atau Nila. Tapi, jangan sampai salah loh, yaa, ini ikan hias! Bentuk yang lebar dan sirip yang menjadikan ikan hias ini nampak mirip Gurame. Namun, yang membedakan hanyalah, warna yang lebih bervariasi dengan kombinasi warna-warnanya jauh terlihat lebih indah dari pada Gurame. Selain itu, kombinasi warna sisik ikan Oscar ini terlihat seperti banyak menghiasi tubuhnya. Dan rupanyax ada juga yang albino alias putih pucat dengan garis totol-totol orange ataupun berwarna putih polos.
 

9. Killifish


Picture by: http://bbc.com

Inilah ikan yang go international, yang telah keliling dunia. Yup! Spesies ini telah menyebar di seluruh Asia, Amerika, Amerika Utara, Amerika Selatan, Afrika, dan sebagian di Eropa dan merupakan termasuk ikan hias yamg populer di kalangan pecinta ikan yang beragam warna. Tentunya, ikan ini mempunyai varian warna merah, orange, biri dengan bintik orange di tambah garis di sekujur tubuh. Sedangkan untuk sang betina, lebih sedikit.

Wow! Inilah 9 Jenis Ikan Hias Air Tawar Aquarium yang Mudah di Pelihara Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sejujurnya Dot Com