Inilah Daftar 10 Hewan Paling Langka di Dunia Saat Ini

Hewan Langka di Dunia - Bumi dengan keanekaragaman hayati yang dikandungnya telah menjadi hunian yang nyaman bagi aneka fauna di dunia. Namun, sedikit demi sedikit habitat mereka pun makin menyempit akibat pengalihfungsian kawasan alam untuk kepentingan tertentu, yang berakibat semakin menipisnya jumlah populasi mereka. Makin diperparah dengan perburuan yang tidak terkendali akibat menggiurkannya keunikan yang mereka miliki, seperti bulu, tanduk, bahkan daging mereka bagi para pemburu liar. Di dunia, telah banyak hewan yang termasuk dalam kategori nyaris punah. Berikut ulasan 10 di antaranya:

1. Macan Tutul Amur


Macan Tutul Amur memiliki karakteristik bulu yang sangat indah dan tebal. Akibat bulunya yang berkualitas tersebut, ia banyak diburu untuk diambil bulunya sebagai produk mantel. Hewan yang berhabitat asli di Rusia serta di tenggara dan timur laut Cina ini dikabarkan hanya bersisa sekitar 30-an ekor di seluruh dunia saat ini.

Baca juga: Jenis Kucing Hutan yang di Lindungi

Demi melindungi keberadaannya, hewan yang juga disebut Leopard Far East ini kini ditangkar khusus di kebun binatang Mulhause, Perancis.

2. Gorila Dataran Rendah


Gorilla Dataran Rendah termasuk hewan langka yang masih banyak dicari dan diburu hingga kini. Biasanya mereka ditangkap untuk diolah dagingnya menjadi makanan. Tak hanya gorilla dewasa, gorilla yang masih kecil pun tidak lepas dari penangkapan untuk dipelihara yang kemudian jika telah dewasa akan disembelih dan diambil lagi dagingnya. Selain akibat perburuan, menjangkitnya virus ebola juga menyebabkan hampir punahnya hewan ini. Dikabarkan, di hutan Minkebe, kawasan Gabon 90% Gorila dataran rendah telah mati karena virus ebola.

3. Saola


Hewan unik yang satu ini sering dijuluki Unicorn Asia berkat tanduknya yang runcing seperti kuda Unicorn dalam dongeng atau mitologi. Tidak sama dengan hewan lain yang ditempatkan dalam penangkaran khusus, hewan ini masih hidup di alam liar. Berdasarkan prediksi, populasi hewan ini sisa puluhan saja di dunia.

4. Vaquita


Vaquita merupakan satwa laut terlangka di dunia, dengan jumlah yang berkisar kurang dari 100 ekor. Hewan ini berasal Teluk California, Inggris. Insangnyanya berharga sangat mahal, sekitar $4.000 per pon.

5. Harimau Siberia


Di antara semua jenis harimau, Harimau Siberia adalah yang bertubuh paling besar. Populasi harimau yang sering dijuluki Harimau Amur kini semakin minim juga akibat perburuan dan hilangnya habitat. di alam liar. Jumlah harimau ini diperkirakan hanya sekitar 400-500 ekor saja.

6. Gorila Gunung


Gorilla Gunung hidup di daerah Uganda, Rwanda, Republik Demokratik Kongo. Pemerintah nasional setempat sangat ketat melindungi keberadaan hewan ini.
Baca juga disini kata kata bijak
Di tempat tinggal mereka di penangkaran Taman nasional Bwindi, tak satu pun orang asing dibolehkan masuk demi menjamin keamanan gorila ini. Penyakit yang menyerang jenis gorila menjadi salah satu alasan semakin berkurangnya populasi Gorila Gunung. Di alam bebas sendiri, diperkirakan jumlah mereka sisa 880 di seluruh dunia.

7. Lemur Bambu Besar


Hewan khas Madagascar bagian tenggara ini terbilang hewan dengan ciri fisik yang sangat menggemaskan. Sayangnya, hewan lucu ini kini hanya bersisa sekitar 60 ekor saja di alam liar dan hanya berkisar 150 ekor yang hidup di penangkaran di seluruh dunia. Perubahan iklim yang ekstrim menjadi salah satu sebab tidak mampunya Lemur bambu besar bertahan hidup dan akhirnya terancam punah.

8. Badak hitam


Cula badak hitam yang berkarakteristik kuat sangat mahal di pasar gelap. Karenanya, hewan ini pun menjadi sasaran empuk para pemburu liar. Tak hanya culanya, dagingnya pun dimanfaatkan sebagai bahan makanan. Satwa yang tergolong tertua di dunia ini berhabitat di Afrika. Perlindungan terhadap populasi badak hitam terbilang rendah akibat kondisi ekonomi yang kurang memadai. Jumlahnya kini diperkirakan sisa 4.848 ekor di alam liar.

9. Lumba Lumba Tidak Bersirip Yangtze


Lumba-lumba menarik ini berhabitat asli di salah satu sungai terpanjang di dunia, Sungai Yangtze, Cina. Penangkapan dan polusi air laut dan sungai menyebabkan menurunnya populasi hewan ini. Kini, jumlahnya hanya sekitar 1.000-an ekor saja di peraiaran lepas.

Baca juga: Ikan Koi Termahal di Dunia


10. Penyu Belimbing


Penyu bertubuh paling bongsor di dunia ini merupakan hewan yang hidup di Papua Barat. Populasi penyu yang memiliki kegemaran bermigrasi ini semakin minim akibat kotornya habitat laut yang menyebabkannya banyak memakan sampah pelastik. Reklamasi serta penangkapan juga menjadi faktor pemicu kepunahannya. Untuk memantau Penyu Belimbing via satelit khusus, peneliti biota laut Indonesia telah bekerja sama dengan University Alabama.

Baca juga:

Inilah Daftar 10 Hewan Paling Langka di Dunia Saat Ini Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sejujurnya Dot Com