7 - 10 Keajaiban Dunia Yang Akan Membuat Anda Terkagum

1. Candi Borobudur di Indonesia


Candi Borobudur yang dari dulu masuk 7 Keajaiban Dunia merupakan candi budha yang menjadi salah satu warisan budaya Indonesia. Candi Borobudur sudah dikenal diseluruh dunia. United Nations Educational, Scientific, and Cultural Organization yang disingkat UNESCO telah menetapkan candi Borobudur sebagai salah satu warisan dunia. Candi ini terletak di desa Borobudur Kota Magelang Provinsi Jawa Timur, kurang lebih 100 km di sebelah barat daya Semarang, 86 km di sebelah barat Surakarta, dan 40 km di sebelah barat laut Yogyakarta

Candi Borobudur banyak dikunjungi oleh turis yang datang dari dalam dan luar negeri karena bangunannya yang megah dan detail arsitektunya yang unik. Candi ini dibangun oleh salah satu raja kerajaan Mataram Kuno yang bernama Raja Samaratungga. Kata Borobudur berasal dari kata bara dan budur. Bara dari bahasa Sansekerta yang artinya kompleks candi atau biara. Sedangkan budur berasal dari kata beduhur yang artinya di atas, jadi Borobudur artinya biara di atas bukit. Beberapa sumber yang lain mengartikan Borobudur sebagai sebuah gunung yang berteras-teras (budhara) dan ada juga yang mengatakan Borobudur sebagai biara yang terletak di tempat tinggi.

Candi Borobudur berbentuk stupa dengan enam teras berbentuk bujur sangkar yang diatasnya terdapat tiga pelataran yang melingkar dan satu tingkat tertinggi berupa stupa Budha yang menghadap kearah barat. Candi Budha ini mempunyai 1460 relief dan 504 stupa Budha di kompleksnya. Stupa utama terbesar terletak di tengah dan dikelilingi oleh tiga barisan melingkar 72 stupa berlubang yang didalamnya terdapat arca Budha tengah duduk bersila dalam posisi teratai sempurna dengan Mudra (sikap tangan) Dharmachakra Mudra (memutar roda dharma).

2. Pulau Komodo di Indonesia


Pulau komodo merupakan sebuah pulau yang yang terletak di Kepulauan Nusa Tenggara. Pulau Komodo menjadi salah satu kawasan Taman Nasional Komodo yang berada di tengah-tengah pulau Sumbawa dan pulau Flores. Pulau Komodo masuk dalam Provinsi Nusa Tenggara Timur ( NTT), Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat. Pulau ini menempati batas paling barat dari provinsi Nusa Tenggara Timur ( NTT) sekaligus berbatasan dengan Provinsi Nusa Tenggara Barat ( NTB).

United Nations Educational, Scientific, and Cultural Organization yang disingkat UNESCO telah mengakui pulau Komodo sebagai situs warisan dunia pada tahun 1986. Pulau Komodo juga termasuk dalam 28 finalis yang dipilih oleh sebuah panel ahli dari 77 nominasi. Sebelumnya ada 261 lokasi di dunia yang dicalonkan menjadi salah satu dari tujuh keajaiban dunia.

Baca juga: Inilah Hewan Langka di Indonesia Yang Terancam Punah

Sesuai dengan namanya pulau komodo banyak ditempati oleh hewan komodo yang dapat hidup dan berkembang biak dengan baik. Tidak hanya itu, terdapat pula panorama savana dan pemandangan bawah laut yang dijadikan sebagai objek wisata. Di

pulau komodo juga terdapat banyak flora yang eksotis, berbagai jenis kayu sepang yang digunakan warga sekitar sebagai obat dan pewarna pakaian, dan pohon nitak ( Sterculia Oblongata ) yang bijinya gurih dan enak seperti kacang polong, pohon ini juga diyakini sebagai tanaman obat. Hal nilah yang menjadikan Pulau komodo banyak dikunjungi turis dari dalam dan luar negeri.

3. Taj Mahal di India


Taj Mahal merupakan monumen yang terletak di Agra, India. United Nations Educational, Scientific, and Cultural Organization yang disingkat UNESCO telah mengakui Taj Mahal sebagai 7 monumen dunia atau situs warisan dunia.

Taj Mahal dibangun atas perintah Kaisar Mughal Shah Jahan bin Jahangir sebagai mausoleum (kuburan) bagi istrinya, Ratu Arjumand Banu Begum atau Mumtaz Mahal atau Mumtaz-ul-Zamani. Taj Mahal dibangun oleh seorang arsitek yang bernama Ustad Ahmad Lahauri dengan gaya arsitektur mughal. Lama proses pembangunannya sekitar 22 tahun ( 1630 – 1653 ).

Pada masa pemerintahannya, Kaisar Mughal Shah Jahan bin Jahangir mempunyai kekayaan yang tak terhitung. Sehingga sebagai bentuk cinta kepada istrinya yang yang wafat ketika melahirkan putrinya yang bernama Gauhara Begum dibangunlah Taj Mahal ini.

4. Piramida di Mesir


Piramida Mesir merupakan kompleks piramida yang terletak di Giza, di luar Kairo, Mesir. Sekitar 8 km ke padang pasir dari kota tua Giza di Nil, sekitar 25 kilometer sebelah barat laut pusat kota kairo. Piramida digunakan sebagai makam raja – raja mesir kono. Raja yang terkenal dan dimakamkan di Piramida tersebut bernama Firaun. Piramida dibangun dengan waktu sekitar dua puluh tahun dan mempekerjakan lebih dari sepuluh ribu budak. Pada saat pembangunan Piramida tersebut, banyak pekerja yang menjadi korban.

5. Tembok Besar Cina


Tembok Besar Cina biasa disebut Tembok Raksasa Cina atau Tembok Besar Tiongkok atau Tembok Raksasa Tiongkok. Pada Tahun 1987 United Nations Educational, Scientific, and Cultural Organization yang disingkat UNESCO telah menetapkan Tembok Raksasa Cina sebagai situs warisan dunia.

Baca juga: Mengagumkan! Jembatan-Jembatan Terpanjang di Dunia

Tembok Raksasa Cina adalah tembok terpanjang yang pernah dibangun oleh manusia. Awalnya tembok ini dibangun dengan tujuan sebagai pertahanan dalam bidang militer yang menghalangi musuh dari sisi bagian utara. Pada tanggal 18 April 2009, pemerintah Republik Rakyat Cina mengumumkan bahwa tembok raksasa yang dikonstruksikan pada periode Dinasti Ming panjangnya yaitu 8.851 km. Dinding –

dindingnya didirikan pada tahun 220 sebelum masehi. Pembangunan tembok ini selesai pada masa kaisar Dinasti Ming (1368 – 1644 ).

6. Christ Redeemer ( Patung Kristus Penebus ) di Brazil


Christ Redeemer ( Patung Kristus Penebus ) masuk dalam daftar keajaiban dunia 2015. Bangunan ini terletak di Taman Nasional Hutan Tijuca di Rio de Janeiro, Brazil. Patung ini dibangun dengan gaya arsitektur Art de Janeiro. Patung ini mempunyai tinggi 38 meter dan terletak dipuncak Gunung Corcovado yang tingginya 710 meter di Taman Nasional Hutan Tijuca, yang menghadap kota. Patung ini menjadi simbol umat Kristen.

7. Petra di Yordania


Tanggal 7 Juli 2007 bertempat di Lisbon, Portugal. Petra telah ditetapkan sebagai salah satu dari 7 keajaiban dunia. Penetapan ini merupakan pilihan dari 100 juta orang di seluruh dunia lewat situs internet, telepon seluler dan pesan singkat (SMS) yang diadakan oleh Swiss Foundation. Sedangkan pada tanggal 6 Desember 1985, UNESCO menetapkan Petra sebagai salah satu situs warisan dunia.
Baca juga kata kata bijak
Petra berasal dari bahasa Yunani yang artinya “batu”. Petra merupakan salah satu peninggalan kota kuno yang hilang. Petra dibangun dengan memahat dinding - dinding batu yang berukuran besar. Petra terletak ditengah-tengah antara Teluk Aqaba dan Laut Mati pada ketinggian kurang lebih 800 hingga 1.396 meter diatas permukaan laut, di sebuah lembah dari sebuah pegunungan Edom, sebelah timur dari lembah Arabah. Saat ini ia terletak kurang lebih 200 km arah selatan dari ibu kota Yordania, Amman yang dapat ditempuh dalam waktu 3 jam dengan berkendaraan mobil.

8. Menara Miring Pisa di Italia


Menara Miring Pisa merupakan menara lonceng katedral yang terletak di kota Pisa, Italia. Menara Miring Pisa mulai dibangun pada Agustus 1173. Awalnya menara ini dibangun berdiri secara vertical seperti menara lonceng pada umumnya, tetapi mulai miring tak lama setelah pembangunannya. UNESCO telah menjadikan menara Pisa sebagai salah satu Situs Warisan Dunia.

Menara Pisa dibangun dalam tiga tahap dalam jangka 200 tahun. Lantai pertama dibangun dari campanile yang berbatu marmer putih dimulai sejak 9 Agustus 1173 dan merupakan era kesejahteraan dan kejayaan militer. Lantai pertama ini dikelilingi oleh pilar dengan huruf klasik, yang mengarah miring terhadap lengkungan kerai. Menara ini mempunyai ketinggian sekitar 55,56 m dari permukaan tanah terendah dan 56,70 m dari permuakaan tertinggi. Lebar dari dinding dibawahnya mencapai 4,09 m dan dipuncak mencapai 2,48 m. Beratnya diperkirakan mencapai 14.500 ton. Menara ini mempunyai

294 anak tangga. Menara dijadikan sebagai objek wisata yang dapat meningkatkan sektor negara tersebut.

9. Machu Picchu di Peru


Machu Picchu dalam bahasa Quechua yang berarti gunung tua, sering juga disebut kota Inca yang hilang. Machu Picchu merupakan reruntuhan Kerajaan Inka yang terletak di wilayah pegunungan dengan ketinggian sekitar 2.350 m di atas permukaan laut dan berada di atas lemah Urubamba di Peru, sekitar 70 km barat laut Cusco. Pada tahun 1983 UNESCO menjadikan Machu Pichu sebagai salah satu warisan dunia.

Lihat juga: Gunung Tertinggi di Dunia dan Para Penakluknya


Machu Pichu menajadi symbol Kerajaan Inka yang dibangun sekitar tahun 1450 dan ditinggalkan seratus tahun kemudian ketika bangsa Spanyol berhasil menaklukkan Kerajaan Inka. Machu Picchu dibangun dengan gaya Inka kuno dengan batu tembok berpelitur. Bangunan utamanya adalah Intihuatana, Kuil Matahari, dan Ruangan Tiga Jendela. Tempat-tempat ini disebut sebagai Distrik Sakral dari Machu Picchu. Machu Picchu menjadi objek wisata yang menarik bagi para turis local maupun asing.s

10. Kolosseum di Roma


Kolosseum merupakan bangunan yang difungsikan sebagai tempat penyelenggaraan pertunjukkan misalnya pertarungan antara binatang serta pertarungan antara tahanan dan binatang. Kolosseum dibangun oleh Kaisar Vespian pada tahun 72 Masehi dan diselesaikan oleh anaknya yang bernama Titus pada tahun 80 Masehi.

Kolosseum terletak di kota kecil di Italia, Roma. Kolosseum berbentuk elips yang disebut Amfiteater atau Flavian Amphitheatre. Kolosseum dirancang untuk menampung penonton sebanyak 50.000 orang. UNESCO menetapkan Kolosseum sebagai Situs warisan dunia pada tahun 1980. Ulasan berikutnya mengenai Pertamina Solusi Bahan Bakar Berkualitas dan Ramah Lingkungan Aman Sentosa.

Baca juga:


 

7 - 10 Keajaiban Dunia Yang Akan Membuat Anda Terkagum Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sejujurnya Dot Com