Inilah Daftar 10 Sungai Terpanjang di Dunia

Daftar Sungai Terpanjang di Dunia - Seperti yang telah banyak diketahui melalui catatan sejarah, selama ribuan tahun sungai telah menjadi salah satu anugerah alam yang banyak membantu kebutuhan manusia. Sebut saja sebagai sumber air untuk berbagai keperluan sehari-hari seperti mandi dan mencuci, jalur transportasi dan irigasi serta penyubur tanah di sekitarnya. Olehnya itu sejak zaman dulu, banyak penduduk negeri yang memilih hidup bermukim di sekitar sungai.

Sungai-sungai tersebut pun memiliki panjang aliran yang bervariasi. Bahkan terdapat sungai dengan panjang yang begitu menakjubkan, hingga ribuan kilometer! Berikut kami rangkum daftar 10 sungai terpanjang di dunia:

1. Sungai Nil


Sungai nomor 1 terpanjang di dunia adalah sungai Nil dengan panjang 6.696 km. Jalurnya mulai dari hulu danau Victoria hingga hilir Laut Mediterania. Negara-negara yang dilintasi sungai ini antara lain Tanzania, Burundi, Rwanda, Kongo, Kenya, Uganda, Sudan Selatan, Ethiopia, Sudan dan Mesir. Sungai ini juga dijuluki “sungai kehidupan” karena telah banyak bermanfaat bagi penghidupan bangsa Mesir sejak ribuan tahun yang lalu. Namun karena luapan sungai ini sering menyebabkan banjir, pihak pemerintah Mesir pun membangun bendungan Aswan untuk mengatasinya.

2. Sungai Amazon


Sungai yang terletak di benua Amerika ini merupakan sungai ke-2 terpanjang di dunia setelah sungai Nil, yang terbentang sejauh 6.516 km. Hulunya di Pegunungan Andes di Peru dan bermuara di Samudera Atlantik dengan melintasi negara Brasil, Bolivia, Peru, Ekuador dan Kolombia.

Lihat juga: 10 Keajaiban Dunia Yang Mengagumkan!

Meski bukan yang terpanjang di dunia, sungai Amazon mendapat predikat sebagai sungai dengan aliran terkuat dan terbesar di dunia, mencapai 184.000 – 300.000 meter kubik per detik.

3. Sungai Yangtze


Sungai terpanjang ke-3 di dunia adalah sungai Yangtze yang juga sebagai sungai terpanjang nomor 1 di Cina. Panjangnya mencapai 6.380 km. Mengalir dari dataran tinggi Tibet hingga ke hilirnya di Laut Timur Cina. Warna sungai yang berlokasi di benua Asia ini pernah berubah menjadi merah, yang menurut peneliti penyebabnya adalah mikro organisme yang ada di bawahnya.

4. Sungai Mississippi-Missouri


Sama seperti Sungai Amazon, sungai Mississipi juga terletak di Amerika, dan merupakan sungai terpanjang ke-2 di benua tersebut. Panjangnya sekitar 5,969 km kilometer, mengalir dari danau Itasca di Minnesota, melintasi Amerika Serikat, Kanada, dan bermuara di teluk Meksiko. Nama Mississipi sendiri berasal dari bahasa penduduk asli Amerika yang artinya “bapak air”. Sedang Missouri adalah salah satu anak sungainya.

5. Sungai Ob-Irtysh


Sungai ini memiliki panjang sekitar 5,568 km. Alur alirannya dari Katun di gunung Belukha Republik Altai, melalui 4 negara di Asia dan Eropa, yakni Rusia, Kazakhstan, China, Mongolia dan berakhir di hilirnya di teluk Ob. Sungai ini banyak bermanfaat membantu irigasi, sebagai sumber perikanan, dan sebagainya.

6. Sungai Yenisei–Angara-Selenga


Sungai ini membentang sejauh 5,550 km dan melaui negara Rusia dan Mongolia terus ke Laut Kara sebagai muaranya. Sungai milik Benua Asia ini juga merupakan sungai terpanjang di Rusia.

7. Sungai Kuning (Huang He)


Salah satu sungai terpanjang di Cina ini sering dijuluki sungai Kuning. Sungai sepanjang 5.464 km ini berhulu di sisi timur gunung Kuanlan yang mengalir hingga hilirnya di Laut Bohai. Sejak 7 ribu tahun lalu, sungai ini sudah banyak membantu masyarakat sekitarnya.

Lihat juga: 12 Jembatan Terpanjang di Dunia Yang Memukau!

Antara lain berguna bagi kesuburan tanah, hingga berperan dalam kemajuan peradaban Tiongkok. Namun sisi gelapnya, terkadang sungai ini bisa menyebabkan banjir besar, itulah sebabnya ia juga dijuliki “China’s Sorrow”.

8. Sungai Kongo (Sungai Zaire)


Setelah sungai Nil, sungai Kongo atau sungai Zaire adalah sungai terpanjang di Afrika dengan panjang 4.667 km. Negara yang dilewatinya antara lain Kongo, Afrika Tengah, Angola, Tanzania, Kameron, Zambia, Burundi, dan Rwanda lalu berhilir di Samudera Atlantik. Dengan kedalaman sungai hingga 220 meter, sungai ini menjadi sungai terdalam di dunia.

9. Sungai Rio de la Plata – Parana


Di Spanyol, sungai Parana disebut dengan nama Rio de la Plata. Mengalir melewati negara Brasil, Argentina, Paraguay, Bolivia, Uruguay, hingga ke hilir Rio de la Plata. Sungai sepanjang 4.500 ini dipergunakan sebagai sumber perikanan, jalur transportasi, dan pembangkit listrik tenaga air.

10. Sungai Mekong


Sungai Mekong memiliki panjang hingga 4.425 km dengan melalui negara China, Myanmar, Laos, Thailand, Kamboja, dan Vietnam, lalu bermuara di Laut Cina Selatan. Dalam sejarah peradaban Asia Tenggara, sungai ini cukup banyak ambil andil. Namun karena pengaruh variasi musim yang berefek juga pada kuat aliran sungai, sulit untuk bernavigasi di sungai ini. Simak juga Pertamina Solusi Bahan Bakar Berkualitas dan Ramah Lingkungan Aman Terkendali

Jangan Lewatkan:

Inilah Daftar 10 Sungai Terpanjang di Dunia Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sejujurnya Dot Com