Sejarah Kucing Bengal dan Ciri-cirinya

Kucing Bengal atau biasa disebut Blacan adalah kucing yang berasal dari daerah California, Amerika Serikat. Kucing bengal merupakan keturunan kedua dari perkawinan silang antara american shorthair dan kucing asian leopard.


Kucing bengal termasuk jenis kucing hutan, tapi kucing ini salah satu termasuk hewan kesayangan yang banyak dipelihara dikalangan pecinta kucing. Bentuk tubuh kucing ini berukuran panjang dengan otot-otot yang kuat, mempunyai tulang yang besar dan tebal, serta mempunyai bulu yang rapat, tebal, dan halus. Cara merawat kucing ini tergolong sulit karena memerlukan perawatan khusus pada bulunya. Bulu kucing ini harus selalu dibersihkan dengan memakai sikat yang halus. Hal ini bertujuan agar bulunya tidak rontok dan rusak. Kucing  ini termasuk langka karena populasinya yang masih sedikit. Sehingga harga kucing ini pun tergolong tinggi yakni dapat menembus angka 10-40 juta rupiah.

Sejarah Kucing Bengal

Kucing bengal lahir di kota California  dan pelopori oleh seorang ahli genetik bernama dr.Centerwall yang ingin memperoleh kucing jenis baru dengan pola spotted wild cat dari hasil perkawinan silang. Selanjutnya dr.Centerwall mengawin silangkan kucing American shorthair dengan kucing asian leopard. Kemudian kawin silang tersebut menghasilkan beberapa anak kucing. Diantara anak kucing betina kemudian dikawinkan lagi dengan ayahnya dan lahirlah kucing bengal.


Ciri Fisik Kucing Bengal

Kucing bengal mempunyai bentuk tubuh yang besar, panjang, dan terlihat gagah. Hal ini diperoleh dari ciri fisik leluhurnya yaitu kucing liar. Kucing ini mempunyai berat badan yang berbeda antara betina dan jantan. Berat badan kucing bengal betina dapat mencapai 4-5 kg sedangkan berat badan kucing bengal jantan dapat mencapai sekitar 10 kg. Warna bulu kucing ini sangat khas dan berbeda dengan jenis kucing lainnnya. Hal ini terlihat pada warna coklat dan hitam yang mendominasi warna bulunya.

 
Bagian Kepala Kucing Bengal

Kucing bengal mempunyai bentuk kepala yang berukuran besar dan sedikit lebih panjang. Tapi, jika diperhatikan secara keseluruhan, bentuk kepala kucing ini akan terlihat kecil. Hal ini disebabkan kucing ini mempunyai bentuk tubuh yang besar.


Kucing ini mempunyai bentuk leher yang besar dan berotot, mempunyai hidung yang besar dan lebar dengan warna kulit hidung  berwarna merah bergaris hitam, mempunyai telinga yang berbentuk runcing ke atas, dan mempunyai mata yang cukup lebar. Jika diperhatikan kucing ini sangat menakutkan. Meskipun demikian, kucing ini tidaklah buas.


Bagian Badan Kucing Bengal

Kucing bengal mempunyai bentuk tubuh yang lebih panjang dibandingkan dengan jenis kucing yang lain. Hal ini dikarenakan bentuk tubuh kucing bengal yang atletis, berat badan yang cukup ideal dan mempunyai ekor yang berkuran panjang.


Warna Bulu Kucing Bengal

Kucing bengal mempunyai warna bulu yang khas sehingga berbeda dengan jenis kucing lainnya. Warna bulu kucing ini berwarna coklat atau cinnamon dengan bintik kehitam-hitaman yang tersebar diseluruh bagian tubuh. Tidak hanya itu, pada bagian pundak terdapat garis horizontal dan pada bagian ekor terdapat lingkaran berbentuk cincin dengan warna yang gelap.


Karakteristik Kucing Bengal

Kucing bengal termasuk kucing yang aktif , cerdas, dan suka bermain. Jika jenis kucing lain tidak suka katika melihat air, namun tidak demikian dengan kucing bengal.  Mungkin ini termasuk salah satu ciri khas dari kucing bengal. Kucing ini sangat menyukai air. Kucing ini akan membahasahi seluruh tubuhnya dan bermain-main dengan air. Kucing ini sangat suka mandi dan berendam di bathub bersama majikannya. Baca juga mengenai Pertamina Solusi Bahan Bakar Berkualitas dan Ramah Lingkungan Aman Sejahtera


Baca juga:

Sejarah Kucing Bengal dan Ciri-cirinya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sejujurnya Dot Com