Jenis-Jenis Makanan Untuk Kucing Ras


Jenis Makanan Untuk Kucing Ras - Sudah lebih satu abad yang lalu kucing hadir dan memikat hati manusia. Dengan waktu yang sangat panjang ini kucing hadir dengan berbagai jenis/variasi yang disebut ras. Terdapat puluhan ras kucing diseluruh dunia. Di Indonesia sendiri banyak sekali yang memelihara kucing ras sebagai hewan peliharaan. Dalam memelihara kucing ras yang patut diperhatikan adalah pemberian makanan. Kita tahu sendirikan makanan bagi makhluk hidup sangat penting bagi pertumbuhan. Sama halnya dengan kucing ras yang butuh asupan makanan agar pertumbuhanya dapat berkembang secara optimal.

Memilih makanan untuk kucing ras memang sedikit sulit. Apalagi kalau kita belum berpengalaman dalam memelihara kucing ras. Karena perut kucing ras sangat sensitif olehnya itu dalam memberi makanan haruslah berhati-hati. Jika salah dalam memberi makanan maka akan membuat pencernaan kucing ras dapat terganggu. Bisa-bisa kucing ras yang anda pelihara akan sakit perut dan dapat terkena diare. Sebelum memberi makanan kucing ras, ada baiknya anda membaca tips dibawah ini.

Jenis-jenis makanan untuk kucing ras:


1. Keju

Tahukah anda ? Keju menjadi salah satu jenis makanan yang disukai oleh kucing ras. Keju banyak mengandung protein dan beberapa vitamin seperti vitamin B2. Tapi tidak semua kucing ras cocok dengan keju. Jika kucing ras tidak cocok dengan makanan tertentu maka akan memiliki sedikit masalah dengan pencernaannya dan akan mengalami diare. Olehnya itu anda harus jeli melihat perkembangan kucing anda. Jika setelah memberikan keju kucing anda langsung diare, maka dapat dipastikan kucing anda tidak cocok dengan keju. Sebaiknya anda mengganti dengan makanan yang lain. Kucing ras yang suka dengan keju diantaranya kucing persia dan kucing anggora. Tapi lagi-lagi suka belum berarti cocok.


2. Ikan

Ikan merupakan makanan yang baik untuk kucing ras tapi tidak boleh diberikan setiap hari. Ikan mengandung asam amino dan protein yang baik bagi pertumbuhan kucing ras. Namun pemberian ikan yang banyak justru membuat vitamin E yang dibutuhkan oleh kucing tidak terpenuhi. Sebaiknya ikan hanya diberikan dua kali seminggu agar keseimbangan gizi kucing ras dapat terjaga.


3. Daging

Kucing ras merupakan salah satu hewan karnivora. Seperti yang kita ketahui hewan karnivora adalah hewan pemakan daging. Nah, jika kucing ras diberi daging, itu sudah menjadi makanan terbaik yang bisa diperolehnya. Yang perlu diperhatikan pada saat pemberian daging, irisan daging haruslah dipotong kecil-kecil agar kucing ras anda dapat mengkonsumsi daging dengan mudah. Terlebih jika kucing ras anda masih kitten. Jenis daging yang disukai kucing ras diantaranya daging ayam, daging sapi, dan daging kelinci.


4. Makanan instan khusus untuk kucing

Makanan instan khusus untuk kucing banyak dijual dipasaran dengan berbagai macam merek. Bagi anda yang memilih makanan instan ini, ada baiknya anda memperhatikan kandungan yang tertera pada tabel nutrisi pada kemasan makanan tersebut. Anda dapat membandingkan kandungan nutrisi yang tertera pada kemasan dengan kebutuhan nutrisi yang dianjurkan untuk kucing. Berikut anjuran asupan nutrisi yang harus ada dalam makanan kucing:

a. Mempunyai kandungan lemak yang rendah.
b. Mempunya PH yang rendah.
c. Mengandung taurin.
d. Mengandung asam arakidonat/arachidonic acid.
e. Mengandung vitamin dan mineral (vit A, B12, Niacin, Thiamin).
f. Mempunyai kandungan protein yang tinggi, minimal kandungannya 25%, semakin tinggi kandungan potein semakin baik.


Nah, sudah tahukan jenis-jenis makanan kucing ras ? Jika anda menjadikan kucing ras sebagai hewan kesayangan, maka berikanlah yang terbaik untuk mereka.

Jenis-Jenis Makanan Untuk Kucing Ras Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sejujurnya Dot Com